Senin, 23 Januari 2017

   Produk Anak Bangsa Yang Telah Diakui Dunia

 
Produk garbarata buatan Indonesia telah diakui dunia. Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin pun berharap, produk garbarata yang diproduksi PT Bukaka Teknik Utama Tbk (BUKK) bisa menembus pasar Eropa.
Hingga kini, kata Menteri Saleh, garbarata buatan PT BUKK telah diekspor ke 13 negara, diantaranya Jepang, Singapura, Malaysia, Brunei, Filipina, Bangladesh, Myanmar, Thailand, Hongkong, India, China, dan paling jauh hingga menyeberangi Samudera Pasifik, ke Chile, Amerika Selatan. Khusus di India, pangsa pasar garbarata Bukaka mencapai 80 persen.
"Garbarata kita sudah seperti menjadi salah satu duta produk nasional yang berkelas dunia. Di atas pintu di  ujungnya dan menempel dekat pintu pesawat, para penumpang internasional bisa membaca jelas di situ, 'made in Indonesia'. Setelah diekspor ke 13 negara, saya berharap dan mendukung garbarata Bukaka mampu menembus bandara Eropa," kata Menteri Saleh saat pelepasan ekspor garbarata PT Bukaka Teknik Utama Tbk ke Jepang di Cileungsi, Bogor, Senin (2/5/2016).
Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin), jelas Saleh, konsisten memberikan dorongan kepada industri nasional agar terus meningkatkan perluasan dan penguasaan pasar, baik di dalam maupun luar negeri. Pihaknya memastikan konsisten mengawal penggunaan dan pembelanjaan anggaran untuk menyerap barang-barang yang telah bisa diproduksi di dalam negeri.
Sejak tahun 1989, Bukaka Teknik Utama telah memproduksi garbarata dengan menggunakan komponen-komponen berkualitas yang diproduksi oleh para tenaga terampil dalam negeri. Jembatan penumpang itu pun mampu memenuhi standar industri aviasi yang ditetapkan oleh konsultan internasional dan para otoritas bandara hingga diekspor pertama kali ke Jepang pada 1991 dan berlanjut ke negara lain.
Presiden Direktur Bukaka Teknik Utama Irsal Kamaruddin mengatakan, di tingkat dunia, kemampuan Indonesia memproduksi garbarata sejajar dengan negara lain.
"Kami bahkan pernah mengirim ke China. Di dunia, negara utama produsen garbarata ialah AS, Jepang, China, Jerman, dan kita," ujarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar