Minggu, 22 Januari 2017

10 Ide Kreatif untuk Indonesia

10 Ide Kreatif untuk indonesia
 
Sudah 70 tahun Indonesia merdeka namun belum memberikan kemajuan yang cukup mengejutkan di mata dunia. Butuh ide ide kreatif dari masyarakat indonesia untuk mewujudkan hal tersebut.
Berikut beberapa Ide Kreatif untuk menjadikan negara Indonesia menjadi lebih baik:

1. Jadi Orang Baik, Beriman dan Bertakwa
Pondasi kita sebagai manusia ialah yang baik terhadap makhluk hidup, beriman dan bertakwa sesuai dengan butir sila dari pancasila. Ikuti aturan agama, perbanyaklah ibadah dengan kendekatkan diri kepada tuhan lalu selaraskan dengan hukum pemerintah yang berlaku. Banyaknya orang baik, beriman dan bertakwa akan membuat negara ini menjadi lebih maju dan lebih baik.
 
2. Menguasai IPTEK Yang Bermanfaat Lalu Praktek Membangun
 Untuk mempercepat pembangunan dan pengentasan segala permasalahan bangsa dibutuhkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang tinggi yang bersifat positif. Karena indikator negara maju itu bukan dari sumber daya alamnya, namun dari kualitas manusianya (SDM). Penguasaan IPTEK yang tinggi pun harus dibarengi dengan point pertama tadi. Hindari resiko dampak negatif yang dapat merusak bangsa kita pada sisi lain. PR pertama kita adalah kebutuhan dasar yang mendesar seperti ekonomi, pendidikan, kesehatan, pangan, dsb. Pembanguan sebesar-besarnya dilakukan untuk kepentingan rakyat banyak.
 
3. Mampu membuka lapangan pekerjaan
Manusia yang berkualitas tidak hanya menguasai iptek dan bertakwa, namun juga bermanfaat bagi sesama. Di negara kita, banyak sekali sumber daya manusianya, namun sedikit nya lapangan pekerjaan. Sehingga banyaknya masyarakat yang menganggur. Dengan banyaknya membuka lapangan pekerjaan, tentu akan mengurangi tingkat kemiskinan dan pengangguran di negara kita ini. dan ciptakanlah hal-hal baru yang positif yang dapat membantu membangun bangsa dan negara indonesia.
 
4. Menjadi Pemimpin (Teladan) Atau Penyokong Yang Baik
Untuk memperbaiki nasib kita harus mengambil alih kekuasaan dari tangan oknum yang jahat kepada kita orang-orang yang baik. Setelah memimpin jadilah teladan bagi semua rakyat jangan mementingkan kepentingan sendiri dan golongan. Jika tidak mampu menjadi pemimpin minimal paling tidak menjadi tim sukses di belakang layar pemimpin yang handal, jujur, adil, berwibawa, cerdas, sopan santun, agamis, cinta tanah air, dsb.
 
5.Berpikir Kritis
Masyarakat harus berpikir kritis untuk menyikapi setiap permasalahan yang ada. Agar dapat berkontribusi dalam setiap langkah atau tindakan yang diambil pemerintah. Salah satu caranya iyalah menyuarakan aspirasi masyarakat dengan berdialogue maupun demo. Demo pun tidak boleh anarkis. Akan menimbulkan dampak negatif jika demo yang anarkis dan akan menghilangkan sisi positif dari demo tersebut.
 
6. Tularkan hal-hal positif Kepada Orang Lain Terutama Generasi Muda
Generasi muda tidak boleh meniru kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh generasi sebelumnya. Sejarah sangat penting untuk dipelajari agar tidak terperosok dalam jurang yang sama dan menjadi tolak ukur agar lebih baik dari generasi sebelumnya. Presiden pertama sekaligus proklamator berkata “Beri aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda, maka akan kuguncang dunia”. Generasi muda super yang sedang tertidur lelap harus segera kita bangungkan agar bangsa ini dapat maju pesar ke arah yang jauh lebih baik kita dengan berbagai metode seperti pendidikan, doktrin halus lewat media massa, lewat dakwah agama, lewat orang tua, dan lain-lain.
 
7. Tata Kota yang baik
Penataan kota terlebih Taman Terbuka hijau sangatlah penting. Banyaknya kawasan taman terbuka hijau salah satu indeks untuk meningkatkan tingkat kebahagiaan masyarakatnya. Banyak beberapa kota di Indoensia yang sudah memiliki banyak ruang terbuka hijau sehingga masyarakatnya tidak mudah stress, depresi. Contohnya kota Bandung.
 
8.Mendaur ulang sampah
Daur ulang sampah atau bank sampah Sangat penting dilakukan masyarakat. karena sampah setiap tahunnya semakin meningkat. Dapat dilihat di bantar gebang (bekasi, jawa barat). Betapa banyaknya sampah-sampah masrayakat. Di dominasi oleh sampah plastik. Faktanya, sampah plastik lah yang sangat sulit diurai oleh tanah. Masrayakat perlu mendaur ulang sampah plastik dan mengurangi penggunaan plastik dalam kebutuhan sehari-harinya. 
 
9. Menggunakan Produk yang diciptakan anak bangsa dan melestarikan budaya
Untuk meningkatkan perekonomian indonesia, kita harus membatasi impor dari negara lain. dengan menggunakan produk anak bangsa. Selain meningkatkan perekonomian indonesia sektor mikro, namun juga meningkatkan kreatifitas anak bangsa. Dengan slogan “menjadi raja ditanah sendiri”. Dan mampu meningkatan kesejahteraan masyarakat indonesia. Melestarikan budaya pun sangatlah penting karena akan menjadi destinasi wisata baik lokal maupun mancanegara. Beberapa budaya indonesia yang telah di claim oleh negara tetangga contohnya seperti reog ponorogo. Kalau bukan kita yang melestarikannya, lantas siapa lagi ?. 
 
10. Menciptakan suasana politik yang kondusif baik internal maupun eksternal
Suasana poltik yang kondusif internal (dalam negeri) maupun eksternal (negara tetangga atau luar) sangat penting. Karena investor asing akan menanamkan modalnya di negara yang kondusif. Tidak terlibat konflik-konflik. Sia-sia kekayaan alam kita yang indah jika konflik banyak terjadi dimana-mana. Wisatawan local maupun mancanegara tidak akan mengunjunginya. Tentu akan mengurangi devisa negara dan mengurangi pendapatan masyarakat yang hidup dengan memanfaatkan wisata alam negara kita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar