Kamis, 19 November 2015

Tugas Minggu 4


Tugas Minggu 4

1.  Sebutkan perbedaan Wiraswasta dan wirastawan serta unsur apa yang dimiliki wiraswasta ?
                
Perbedaan antara wiraswasta dan wiraswastawan yaitu wiraswasta adalah bidang usaha atau perusahaan yang dibangun oleh seseorang dengan kepribadian tertentu. Sedangkan wiraswastawan adalah seseorang yang memiliki kepribadian tertentu secara kualitatif lebih dari manusia pada umumnya yakni memiliki kemampuan berdiri sendiri diatas kemampuan sendiri, mengambil resiko, menetapkan tujuan atas pertimbangan sendiri, memiliki semangat bersaing yang kuat, beroorientasi kerja keras, kreatif inovatif, motivasi berprestasi dan lain-lain.
                                     
Unsur-unsur penting wiraswasta:
-         Unsur Pengetahuan,
-         Unsur Keterampilan,
-         Unsur Sikap mental dan,
-         Unsur Kewaspadaan.

2.     Bagaimana perkembangan Franchising di indonesia searching di internet ?

Di Indonesia, waralaba (Franchising)  sebagai format bisnis mulai dikenal pada awal dekade 80-an, seiring masuknya waralaba asing disektor usaha rumah makan siap saji (fast food chain restaurant) antara lain, KFC, Pioneer Take Out, Texas Church, dan lain-lainnya. Jaringan bisnis ini berkembang sangat pesat dalam waktu yang singkat, bahkan menurut data di Deperindag RI hingga tahun l997 (sebelum terjadinya Krisis Moneter) telah terdaftar lebih dari 250 perusahaan sebagai penerima waralaba (franchisee) dari suatu waralaba asing, dan tersebar di beberapa bidang usaha.
Sebagaimana diuraikankan dimuka, Waralaba sebagai format bisnis mulai di kenal di Indonesia pada awal tahun 1980, dibidang Restoran Siap Saji ( Fast Food Restaurant ), seperti KFC, Pioneer Take out. Sedangkan Franchise (waralaba) generasi pertama yang cenderung disebut lisensi memang telah lebih dahulu dikenal, antara lain seperti; Coca-cola, obat-obatan,dsb.
Perkembangan Waralaba di Indonesia, khususnya di bidang rumaah makan siap saji sangat pesat. Hal ini ini dimungkinkan karena para pengusaha kita yang berkedudukan sebagai penerima waralaba ( franchisee ) diwajibkan mengembangkan bisnisnya melalui master franchise yang diterimanya dengan cara mencari atau menunjuk penerima waralaba lanjutan. Dengan mempergunakan sistem piramid atau sistem sel suatu jaringan format bisnis waralaba berekspansi.
Bahkan dari data Deperindag RI, hingga tahun 1997 telah tedaftar sekitar 250 perusahaan penerima Waralaba dimana hampir 70 persennya bergerak di bidang restoran siap saji.

Pesatnya perkembangan Waralaba daerah perkotaan di Indonesia, karena didukung oleh jumlah populasi yang tinggi dan daya beli yang baik, disamping pola makan masyarakat bisnis (middle-up) yang cenderung makan diluar rumah.

Berikut ini adalah definisi dari istilah – istilah tersebut berdasarkan PP No.16 Tahun 1997, yaitu;

Pemberi Waralaba

Adalah badan usaha atau peorangan yang memberikan hak kepada pihak lain untuk memanfaatkan dan atau menggunakan hak atas kekayaan intelektual atau penemuan atau ciri khas usaha yang dimiliki pemberi waralaba.

Penerima Waralaba

Adalah badan usaha atau perorangan yang diberikan hak untuk memanfaatkan dan atau menggunakan hak atas kekayaan intelektual atau penemuan atau ciri khas usaha yang dimiliki pemberi waralaba.

Penerima Waralaba Utama

Adalah penerima waralaba yang melasanakan hak membuat perjanjian Waralaba Lanjutan yang di peroleh dari pemberi waralaba.

Penerima Waralaba Lanjutan

Adalah badan usaha atau perorangan yang menerima hak untuk memanfaatkan dan atau menggunakan hak atas kekayaan intelektual atau penemuan atau ciri khas usaha yang dimiliki pemberi Waralaba melaui penerima waralaba utama.

Perjanjian Waralaba

Adalah perjanjian secara tertulis antara Pemberi Waralaba dengan Penerima Waralaba.

Perjanjian Waralaba Lanjutan

Adalah perjanjian secara tertulis antara Penerima Waralaba Utama dengan Penerima Waralaba Lanjutan

3.     Beri 5 contoh Rill/Nyata Usaha Franchising yang bergerak di bidang :

-   Pendidikan : Science Buddies, Itutornet, Primagama, Sinotif, Superkids.
-         Kesehatan : Klinik medika, Yapersi, DXN, Apotik mekarsari, Mekarsari.
-    Salon dan Perawatan : Oriflame, Mejiku, Sumire, Martha Tilaar, Johnny Andrean Salon.
-     Makanan dalam Negeri/Lokal : Edam Burger, Seafood, Sabana Fried Chicken, Es teller 77, Holland Bakery.
-        Otomotif : Astra Honda motor, Yamaha,Cheap And clean Autocare center, High Definition CAR Care, Galaxy Pertamini.

4.  Jelaskan perbedaan kewirausahaan dengan bisnis kecil dengan contoh kasus yang nyata ?

-         Pada umunya kewirausahaan memiliki badan hukum yang jelas, sedangkan bisnis kecil jarang memilki badan hukum yang jelas.
-         Bisnis kecil sangat bergantung pada lingkungan pasar, dari system managerialnya kewirausahaan lebih baik dibandingkan system bisnis kecil.
-         Kewirausahaan lebih meningkatkan hasil dari suatu produknya, sedangkan bisnis kecil lebih meningkatkan pada laba yang akan didapatkan.
o   Contoh Kasus : Roy adalah mantan eksekutif sebuah perusahaan yang kehilangan pekerjaan ketika perusahaannya merger . kemudian Roy membuka bisnis fotocopy dan print dekat sebuah sekolah.tujuannya adalah mendapatkan cukup uang untuk hidup nyaman sampai dia pensiun 5 tahun lagi . Roy adalah seorang pemilik bisnis kecil, tetapi ia sebenarnya bukanlah wirausahawan, karena ia tidak punya rencana untuk mengembangkan bisnisnya. Seballiknya seorang wirausahawan akan membuka pusat fotocopy dan print dengan menciptakan jaringan  yang lebih luas untuk menyaingi firma kinko saat itu.



Disusun Oleh  : -  Roy dwigusta         (26215283)
                        -  Annisa Mauluudina  (20215879)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar